Selasa, 27 Oktober 2015

Khasiat Semangka

Khasiat Semangka

Menurut riwayat Aisyah r.a., dulu Rasulullah Saw bisa menyantap semangka dengan kurma masak, (HR Abu Dawud dan At -Tirmidzi). Abu Dawud menambahkan dalam riwayatnya bahwa Rasulullah Saw bersabda, "Panasnya buah ini (kurma), kita seimbangkan dengan dinginnya buah ini (semangka)." Hadis ini disahihkan oleh As-Suyuthi dan Al-Arnauth.

Disebutkan pula oleh Ath-Thabrani dalam kitab Al-Mu'jam Al-Ausath dan juga Al-Hakim bahwa anas r.a. menuturkan, Rasulullah Saw mengambil kurma masak itu dengan tangan kanan dan semangka dengan tangan kiri. Beliau lalu menyantap kurma dan juga semangka, yang merupakan buah yang paling beliau sukai. Hadis ini disahihkan oleh As-Suyuti.

Ibnu Al-Qayyim berpendapat bahwa yang dimaksud dengan al-biththikh (semangka) dalam hadis tersebut adalah semangka berkulit hijau (bukan melon yang dalam bahasa arab juga disebut dengan nama yang sama,yakni al-biththikh). Buah ini lebih cepat dicerna oleh lambung dari pada buah ketimun dan wortel. Disamping itu, ia juga cepat mengalami perubahan ketika bercampur dengan zat-zat yang lain di dalam lambung. Buah ini sebaiknya dikonsumsi sebelum makan. Menurut sebagian dokter, mengkonsumsi semangka sebelum makan dapat membersihkan perut dan menjauhkan dari penyakit. Menurut Al-Baghdadi, semangka agak dingin dan sejuk, sedangkan blewah (semangka Belanda) sedikit lebih panas.

Kedua jenis semangka tersebut mudah dicerna dan dapat memperlancar jalannya air seni, Getahnya dapat dimanfaatkan menghilangkan jerawat muka, sedangkan bijinya dapat digunakan untuk menyembuhkan batu ginjal dan kista. Perlu diketahui bahwa terlalu banyak makan semangka setelah makan, dapat menyebabkan timbulnya gangguan pencernaan, sehingga mengkonsumsi semangka sebaiknya dilakukan dalam waktu yang cukup lama setelah makan atau sebelum makan.

Pakar gizi Amerika, Ensly, berpendapat bahwa jus semangka dapat mencegah penyakit tifus dan bermanfaat bagi penderita rematik. Biji semangka pun memiliki kandungan gizi yang tinggi, karena mengandung lemak sebanyak 43%,Protein 27%, dan glukosa 15%. Biji ini dapat digunakan untuk bahan pelembut kulit dan untuk meningkatkan stamina. Ia dapat dikonsumsi setelah dipanaskan bersama-sama dengan kue mentega. Nama lain dari al-biththikh adalah al-jabas.

- Ensiklopedia Mukjizat Al-Quran dan Hadis -
( Mukjizat Tumbuhan dan Buah-buahan )


Pesan Bukunya Sekarang Juga!!

Baiq Amalia/081804216119 (sms/wa)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar