Sabtu, 26 September 2015

Adab Membaca Alquran

Adab Membaca Alquran

Adab Membaca Al-Quran

1. Berwudulah terlebih dahulu sebelum membaca Al-Qur’an, sebagai sebuah keutamaan.
2. Bacalah Al-Qur’an di tempat yang suci dan bersih.
3. Luruskan niat dalam membaca Al-Qur’an; ikhlas karena Allah Ta’ala.
4. Jika ada orang lain sedang melaksanakan ibadah fardu, misalnya shalat, maka pelankan suara bacaan Al-Qur’an Anda agar tidak mengganggu kekhusyukan ibadah orang lain.
5. Bila memungkinkan, bacalah Al-Qur’an dengan menghadap kiblat.

6. Mulailah dengan membaca ta’awwuz, yaitu kalimat : A-‘uudzu bil-laahi minas syai-thaanir ra-jiim. Artinya : aku berlindung kepada Allah dari godaan setan yang terkutuk. Dilanjutkan dengan membaca bismillah, yakni kalimat : Bismillahirrahmanirrahim. Artinya : dengan nama Allah Yang Maha Pengasih, Maha Penyayang. Lafaz bismillah ini dibaca untuk awal surah , kecuali surah At-Taubah.
7. Bacalah Al-Qur’an dengan tartil, yakni perlahan-lahan agar Anda dapat meresapi dan merenungi ayat-ayat yang tengah dibaca. Membaca Al-Qur’an dengan tartil juga berarti membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar sesuai kaidah-kaidah yang berlaku dalam ilmu Tajwid. Membaca Al-Qur’an dengan Tajwid hukumnya fardu ‘ain.
8. Perlakukan dan tempatkan mushaf Al-Qur’an Anda dengan baik saat sedang membacanya ataupun tidak.
9. Bila ada keperluan lain saat sedang membaca Al-Qur’an dan Anda hendak mengakhiri bacaan, maka berhentilah pada tempat yang tepat dari ayat yang tengah dibaca. (Sumber : Al-Qur'anku Tafsir Ilmi)

Al-quran tafsir ilmi dapat dibeli secara cash/arisan/cicilan
Informasi lebih lanjut :
Baiq Amalia
Whatsapp : 081804216119


Tidak ada komentar:

Posting Komentar